Pokok Pembahasan Surat Al Mulk (Kandungannya)

Pokok Pembahasan Surat Al Mulk – Isi kandungan dan cerita dibalik surah Al Mulk akan kita bahas pada pertemuan kali ini, selain itu kita juga akan membahas informasi atau keterangan yang terkait dengan surat ini, seperti arti namanya, tempat turunnya dan hal hal yang terkait lainnya.

Baik, langsung saja kita mulai dari pembahasan yang pertama yakni keterangan atau info surat Al Mulk, berikut keterangannya.

Spesifikasi Surat Al Mulk Lengkap

  • Arti Surat : Kerajaan
  • Nama lain Yang Dimiliki : Tabarak (Artinya : Maha Suci)
  • Penggolongan Surat : Golongan Surat Makkiyah
  • Nomor Urut Surat : Urutan Surah yang ke-67
  • Nomor Juz : Terdapat di Juz 29
  • Jumlah ruku’nya : terdapat 2 ruku’
  • Jumlah ayatnya : terdapat 30 ayat

Surat Al Mulk memiliki 30 ayat dalam 2 ruku, surat ini masih tergolong surat surat Makkiyah atau surat yang turun di Mekkah. Surat Al Mulk dalam urutan surat di mushaf Al Quran menempati urutan yang ke 67, dan arti dari surat Al Mulk sendiri adalah kerajaan. Surat Al Mulk termasuk jajaran atau permulaan dimulainya juz 29.

Baik, langsung saja kita menuju pembahasan pokok pembahasan Surat Al Mulk, berikut ulasan lengkapnya.

Pokok pembahasan Surat Al Mulk

Berikut ini rangkuman dari pokok pembahasan surat Al Mulk yang bisa kita pelajari sebagai bekal ilmu tambahan dalam beragama dan beramal, silahkan teman teman baca dan palajari isinya.

Rangkuman Pokok Pembahasan Surat Al Mulk

  • Surat Al Mulk memuat tentang keterangan bahwasannya manusia akan menerima ujian berupa hidup dan kematian, lalu dalam surat Al Mulk Allah Ta’ala memberikan perintah kepada manusia agar memperhatikan ciptaan Allah Ta’ala yang ada di Alam Raya ini sebagai bentuk kuasa Allah Ta’ala sebagai Zat Yang Maha Pencipta, lalu Allah Ta’ala menerangakan bahwasannya langit yang berada diatas kita itu seimbang antara lapis demi lapisnya.
  • Bumi dan Alam Semesta yang telah Allah Ta’ala ciptakan ini ditujukan agar manusia itu bisa dengan mudah tinggal di dalamnya dan mencari rezeki yang telah Allah Ta’ala sebar kesluruh penjuru, lalu dalam surat ini Allah Ta’ala menerangkan tentang Azab yang akan diterima oleh orang orang kafir dan kenikmatan yang akan diperoleh bagi orang orang yang taat dan patuh terhadap perintah Allah Ta’ala dan tiada pernah ingkar kepada-Nya.
  • Dijelaskan dengan sangat tegas bahwasannya Allah Ta’ala akan memberikan Azab-Nya kepada kaum yang terus menerus ingkar dan tidak mau untuk bertaubat kepada-Nya atas keingkarannya tersebut, dan Allah Ta’ala akan memberikan peringatan kepada meraka yang tidak bersyukur atas nikmat yang telah Allah Ta’ala berikan kepada mereka.
  • Surat Al Mulk juga menunjukan betapa Maha Hebatnya Allah Ta’ala yang mana telah menciptakan alam semesta ini sendirian, dan kita sebagai manusia dianjurkan untuk memperhatikan ciptaan ciptaan Allah Ta’ala yang ada di alam semesta ini agar kita lebih beriman lagi kepada Allah Azza Wa Jalla, Zat Yang Maha Menciptakan.

Tentunya tidak hanya 4 point diatas yang bisa kita jadikan acuan dalam memahami surat Al Mulk ini, alangkah lebih baik lagi jika kita mempelajarinya melalui kitab kitab tafsir Al Quran.

Baik, semoga bisa bermanfaat apa yang telah teman teman baca pada tema kali in.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *