Uncategorized

Keutamaan Sholat Untuk Jasmani Dan Rohani

Keutamaan Sholat Untuk Jasmani Dan Rohani

Keutamaan Sholat – Banyak sekali manfaat dari gerakan dan bacaan sholat yang biasa kita lakukan selama 5 waktu dalam sehari atau lebih jika ditambah dengan shalat sholat sunnah seperti sholat rawatib, sholat qiyamul lail, sholat dhuha dan yang lainnya.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa keutamaan sholat yang akan di dapatkan baik secara jasmani maupun rohani. Sholat sendiri dalam islam terdapat dua jenis, yakni ada sholat wajib dan sholat sunnah. Diantara sholat sholat wajib adalah sebagai berikut :

  1. Sholat Dzuhur
  2. Sholat Ashar
  3. Sholat Maghrib
  4. Sholat Isya
  5. Sholat Shubuh

Dan sholat sholat diatas bisa kita rangkum atau kita kerjakan dalam satu waktu khusus untuk sholat dzuhur, ashar, maghrib dan isya dengan syarat syarat syar’i tentunya, namun kita tidak membahas hal tersebut karena panjang penjelasannya.

Kemudian sholat sholat tersebut pastilah memiliki keutamaan, karena Sholat adalah hal pertama yang akan dihisap untuk pertama kali kelak dihari perhitungan atau hari penimbangan amal baik dan amal buruk. Sholat akan ditanyakan pertama kali, jika baik sholatnya maka akan beik pula seluruh amalannya, dan begitu pula sebaliknya jika sholatnya rusak maka rusak pula seluruh amalannya.

Baik, langsung saja kita menuju pembahasan keutamaan Sholat untuk jasmani dan rohani.

Keutamaan Sholat Dalam Kehidupan Sehari Hari

Tentunya banyak sekali manfaat atau keutamaan sholat dalam kehidupan sehari hari, dan berikut ini diantaranya.

  • Untuk Kesehatan Jasmani

Dalam dunia kesehatan, sholat memiliki gerakan gerakan yang sangat menyehatkan jika dikerjakan dengan sungguh sungguh atau dengan benar, seluruh gerakannya merupakan gerakan terbaik dalam mengolah tubuh manusia karena tak hanya organ fisik luar, organ fisik dalam diri manusiapun akan sehat jika gerakan sholat dikerjakan dengan benar dan tuma’ninah.

Selain gerakan sholat, tentunya umat islam juga tidak asing dengan yang namanya wudhu, ya, wudhu adalah cara bersuci umat islam sebelum mengerjakan sholat. Dalam berwudhu juga terdapat banyak manfaatnya bagi kesehatan jasmani, diantaranya adalah membersihkan kuman kuman yang ada di bagian luar atau di fisik seseorang dan orang yang berwudhu akan terlihat lebih segar raut wajahnya dibandingkan dengan orang yang tidak pernah berwudhu.

Selain itu juga, bacaan sholat yang ada bacaan Al Qurannya dan di baca ketika seseorang sedang sholat juga merupakan obat dari segala macam penyakit, teman teman bisa melihat hadits hadits shohih yang mengatakan bacaan Al Quran adalah obat, oleh sebab itu dalam islam terkenal dengan namanya Ruqyah, yakni metode pengobatan dengan membacakan ayat ayat suci Al Quran.

  • Untuk Kesehatan Jasmani

Keutamaan Sholat lainnya adalah sebagai obat untuk kesehatan jasmani, seorang yang mengerjakan sholat maka dia akan ingat kepada Tuhan Zat Yang Maha Besar yang telah menciptakan makhluk seperti manusia. Dengan mengerjakan sholat, secara psykologis kejiwaan seseorang akan menjadi lebih nyaman dan lebih tentram.

Kemudian keutamaan sholat lainnya untuk kesehatan rohani adalah mampu memberikan efek positif dalam diri manusia, seorang yang sering dan rajin mengerjakan sholat baik itu yang wajib dan ditambahi yang sunnah maka dirinya akan lebih ramah kepada sesama manusia dan juga rasa tolong menolongnya pun akan lebih besar karena dirinya merasa bukanlah apa apa karena menganggap dirinya adalah makhluk yang lemah yang tidak ada daya upaya selain dari pertolongan yang Allah berikan kepadanya.

Tentunya masih banyak lagi keutamaan sholat yang tidak bisa kita uraikan semuanya disini, namun kedua hal yang sudah kami sampaikan diatas merupakan gambaran umum dari keutamaan sholat yang akan didapatkan oleh seseorang, untuk itu mari kita rajin mengerjakan sholat agar hidup kita bisa selamat dunia dan akhirat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *