Wisata

Tujuan yg luar biasa dibuka: Batu Bolong Temple

Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong merupakan suatu candi kecil yg terletak di Senggigi, Lombok. Jika Kalian mengambil perjalanan darat dari Mataram ke pelabuhan Bangsal (jalur biasa ke Gili Trawangan) melewati pantai, Kalian akan berangkat ke kuil ini. Pengunjung diperbolehkan masuk dengan harga murah untuk mengakses Pura Batu Bolong.

Sama semacam kuil-kuil di pulau Bali, kuil ini juga mengharuskan pengunjung memakai kain kuning di pinggang sementara di tempat kuil, juga menjaga kesopanan sebab kuil itu sebetulnya tempat ibadat agama. Selain itu ada aturan bahwa wanita yg tak diundang diizinkan memasuki area kuil.

Baca juga : Nusa Penida Tour Packages dan Nusa Penida Tour

Nama Batu Bolong sendiri setara dengan batu besar dengan celah alias celah di tengah-tengah kuil. Satu kuil di Kuil Batu Bolong merupakan kuil Ratu Gede Mas Mecaling, yg terletak di depan, dekat pintu masuk kuil.

Sejarah Candi Batu Bolong dimulai dengan perjalanan seorang pendeta Hindu dari Jawa Timur, Dang Hyang Dwijendra ke Pulau Lombok yg melakukan perjalanan dari Jawa serta Bali. Dia tak jarang pindah tempat. Selain mengelilingi pantai selatan pulau Bali, ia melanjutkan perjalanan spiritualnya ke wilayah Bali Utara. Seperti Pulaki Temple ke Ponjok Batu Temple, sebelum melanjutkan ke Pulau Lombok.

Dia berada di tempat terbaru yg dikatakan Dang Hyang Dwijendra bisa menolong berbagai nelayan alias kapal tenggelam di dekat Rocky Corner. Bendega dari Lombok, yg diselamatkan, dikatakan sudah menolong memberi tau Dang Hyang Dwijendra yg juga disebut dengan nama Ida Peranda Sakti Wawu Rauh ke Lombok serta berlangsung kaki di Batu Bolong. Bagi umat Hindu, Pura Batu Bolong yg menghadap Selat Lombok serta Gunung Agung di Bali mempunyai suasana spiritual yg sanggup memperlihatkan ketenangan serta kedamaian bagi orang yg berdoa di kuil ini.

Dari Pura Batu Bolong Kalian juga bisa menonton pemandangan mengagumkan pantai Senggigi, pada waktu tertentu Kalian juga bisa menonton pemancing tradisional yg mencari ikan dengan melemparkan diri ke laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *