Wisata

Rawon Wisata Kuliner Khas Malang Terpopuler

Rawon Brintik Malang

Rawon adalah kuliner khas Jawa Timur yang berupa sup daging dengan kuah berwarna hitam alami berasal dari kluwak. Dari Surabaya, kuliner lezat ini pun menyebar dengan cepat ke daerah-daerah lain, termasuk Malang. Di kota wisata itu, terdapat dua kedai penjual rawon yang wajib dicoba, yakni Rawon Nguling dan Rawon Brintik.

Rawon Nguling Legendaris Malang

Rawon Nguling Malang
Rawon Nguling Malang

Kedai Rawon Nguling di Malang merupakan cabang dari Rawon Nguling Probolinggo yang telah beroperasi sejak tahun 1942 dan terkenal akan kelezatan dan otentikasi rasanya. Keunikan Rawon Nguling adalah jika di tempat lain, rawon disajikan dengan irisan daging tipis-tipis, di sini justru potongan dagingnya tebal-tebal tetapi tetap dijamin tidak alot.

Seporsi rawon di sini dibanderol dengan harga Rp. 30.000,- disajikan bersama tauge dan sambal. Untuk menu pelengkapnya tersedia empal (potongan daging sapi) goreng, tempe, dan perkedel yang semuanya memiliki ukuran besar dan tebal sehingga memuaskan lidah pembeli. Lokasi Rawon Nguling Malang berada di Jalan Zainul Arifin No. 62 Klojen, Malang.

Rawon Brintik Asli Malang

Rawon Brintik Malang
Rawon Brintik Malang

Masih di Klojen, tepatnya di Jalan K.H. Ahmad Dahlan, terdapat sebuah warung sederhana bernama Warung Brintik yang telah buka sejak tahun 1942 di Malang. Menyajikan banyak menu lain seperti semur daging, tetapi rawon brintiklah yang menjadi primadona. Dibanderol dengan harga Rp. 20.000,- konsumen pasti puas dengan cita rasa yang disajikan.

Rawon Brintik memiliki aroma yang khas karena proses pengolahannya menggunakan arang, bukan kompor sehingga menambah pula kelezatan rasanya. Kuah per porsi pun lebih melimpah dibandingkan rawon pada umumnya. Sedangkan untuk penyajiannya, selain tambahan tauge dan sambal, Rawon Brintik dapat dinikmati bersama lauk seperti empal dan tempe goreng, perkedel, serta jeroan.

Rawon Nguling Dan Rawon Brintik Kuliner Wajib Paket Wisata Di Malang

Biasanya, dalam rincian paket wisata malang, kedua kedai penjual rawon legendaris tersebut selalu dimasukkan dalam daftar oleh agen perjalanan sebagai kuliner wajib secara bergantian sehingga wisatawan tidak perlu merasa khawatir tidak memiliki kesempatan untuk mencicipi salah satu atau kedua rawon dengan cita rasa khas Malang tersebut.

Sebagai contoh untuk operator perjalanan yang menawarkan kunjungan ke destinasi kuliner rawon tersebut yaitu di website https://www.bromomalangtour.id. Untuk itu silahkan anda baca-baca dahulu semoga bisa menjadi referensi yang tepat buat wisata malang anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *