Cara Merawat Burung Pleci Bagi Pemula

Halo sobat burung, salam jumpa. Burung merupakan salah satu hewan yang biasa dijadikan sebagai peliharaan, entah sebagai hewan hias atau sebagai hewan kontes. Akhir-akhir ini penghobi burung terus meningkat dan burung yang dipelihara pun beragam. Salah satu burung yang paling diminati sebagai hewan peliharaan yaitu burung pleci.

Burung pleci memiliki ukuran tubuh mungil dengan warna dominan hijau zaitun serta terdapat lingkaran putih pada matanya. Jadi burung in terlihat unik, imut dan cantik. Selain tampilannya yang menarik, suara burung pleci juga sangat indah loh sob tak heran jika banyak yang tertarik memeliharanya.

Namun untuk memiliki burung yang bagus dengan suara kicau indah dibutuhkan perawatan yang baik dan teratur. Jika kita merawatnya asal-aslan hasilnya juga akan asal-asalan sob.

Dalam hal merawat burung pleci sebenarnya tidak jauh beda dengan merawat burung kicau lain. Bagi para kicaumania senior pasti tidak akan merasa kesulitan ataupun bingung bagaimana cara merawatnya. Tapi bagi para pemula, pasti meraka akan merasa bingung ataupu kesulitan. Namun tenang saja, karena pada artikel ini saya akan membagikan cara merawat burung pleci harian. Baiklah, langsung saja kalian baca dibawah ini.

Cara Merawat Burung Pleci

Cara Merawat Burung Pleci Bagi Pemula

1. Memandikan

Tidak hanya manusia yang perlu mandi, burung peliharaan seperti pleci juga perlu dimadikan sob. Gunanya supaya burung tetap bersih dan sehat. Cara memandikannya bisa dengan cara semprotan untuk memandikan burung atau dengan cara mengubarnya di kandang umbaran yang ada baskom air.

2. Penjemuran

Jika proses pemandian sudah selesai, saat kita jemur kenari agar suhu badannya stabil kembali. Waktu penjemuran burung pleci yang paling baik yaitu antara jam 8-10. Proses penjemuran ini tidak hanya untuk membuat suhu tubuh pleci menjadi hangat, namun berfungsi juga untuk memberikan asupan fitamin D pada burung tersebut.

3. Pengembunan Burung Pleci

Mungkin sebagian dari kalian akan bertanya-tanya apa gunanya di embunin/pengembunan? Proses pengembunan berguna untuk melatih pernafasan burung pleci supaya pernapasannya panjang sehingga mampu berkicau dengan durasi yang lama.

4. Memberikan dan mengontrol Pakan dan Minum

5. Memberikan Eksta Fooding

6. Pembersihan Sangkar atau Kandang Burung Pleci

7. Pemasteran Burung Pleci

Demikianlah tips cara merawat burung pleci bagi pemula, untuk kalian yang kurang paham bisa kunjungi pawanghewan.com yang menyediakan berbagai tips perawatan hewan peliharaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *