Otomotif

BPKB Online Makin Praktis dengan 11 Fitur Canggih

Sistem BPKB online merupakan terobosan terbaru dari Ditlantas Polda Metro Jaya dalam pengurusan Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) . Layanan berbasis teknologi ini merupakan bentuk kepedulian Kepolisian terhadap masyarakat yang seringkali mengeluhkan adanya Pungutan liar (Pungli). Program ini diharakan mampu meminimalisir kontak fisik antara pemohon dengan oknum yang tidak bertanggung jawab.

Selain itu, keberhasilan program ini didukung dengan fitur yang canggih. Apa saja fitur yang tersedia pada situs bpkb.net?. Yuk, simak ulasan dibawah ini:

11 Fitur Canggih BPKB Online

  • E-queue (nomor antrian elektronik)

E-queue merupakan nomor antrian yang berbasis teknologi, dimana telah dilengkapi dengan RFID. Anda dapat menggunakan chip ini untuk mengakses fasilitas e-form.

  • E-form (formulir digital)

Fitur ini berfungsi sebagai formulir digital saat permohonan BPKB. Cara penggunaannya, pertama anda meletakkan ID card pada RFID reader. Kemudian masukkan nomor BPKB dan NIK bila anda termasuk pemohon yang baru mendaftar. Sedangkan bagi anda yang sudah mendaftar secara online, langsung masukkan nomor kode pendaftaran.

  • E-receipt signature (tanda terima elektronik)

Bukti telah terjadi serah terima pada sistem BPKP online, yaitu dengan fitur E-receipt signature. Pemohon memberikan tanda tangan secara digital menggunakan stilus pen. DanĀ  secara otomatis, tanda tangan ini tersimpan dalam sistem BPKB. Data ini nantinya akan mempermudah penyajian data.

  • E-IKM (Indeks Kepuasan Masyarakat digital)

Indeks Kepuasan Masyarakat dapat dijadikan sebagai indikator suatu program sudah berjalan baik atau belum. Guna keperluan pengumpulan informasi tersebut, maka layanan ini dilengkapi dengan E-IKM. Fitur ini selain menyimpan data, juga bisa merekam wajah anda yang telah memberikan penilaian.

  • E-survey (survey kepuasan masyarakat elektronik)

Fitur pintar ini bertindak seperti team pensurvey. Data yang diambil adalah informasi kepuasan masyarakat terhadap pokja pelayanan BPKB secara online. Meskipun dalam bentuk teknologi, sistem ini mampu mengklarifikasikan responden berdasarkan usia, gender, pendidikan, dan pekerjaan.

  • E-informasi (informasi digital)

E-informasi merupakan fasilitas berupa layar digital yang digunakan untuk menyimpan, mengelola dan menyajikan informasi kepada masyarakat dalam bentuk audio maupun visual. Menu yang tertera dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda.

  • E-archive (arsip digital)

Salinan dokumen manual menjadi digital, dibuat dalam bentuk E-archive. Pada menu pendaftaran sistem BPKB online akan muncul data dan dokumen digital pemohon, setelah pengiriman data Agen Pemegang Merk (APM). Dengan adanya integrasi ini, proses penerbitan surat bermotor hanya perlu waktu 3 menit.

  • E-blokir (Blokir Perdata Online)

Pihak finance memiliki hak untuk mengajukan permohonan pemblokiran secara online terhadap kendaraan tertentu. Untuk menindaklanjuti hal tersebut, maka Kepolisian akan menandai data kendaraaan bermotor melalui fitur E-blokir. Kemudian, petugas akan melakukan verifikasi berkas. Apabila hasilnya dinyatakan sah, maka bukti pemblokiran akan diserahkan kepada pemohon.

  • E-cross check BPKB (cek status proses penerbitan BPKB)

Pemohon yang mengajukan proses penerbitan BPKB perubahan dapat mengecek statusnya melalui E-cross. Layanan fitur ini digunakan sebagai bentuk transparansi informasi kepada masyarakat yang sudah nelakukan pendaftaran secara online.

  • E-complain (layanan pengaduan online)

Anda dapat menyampaikan aspirasi atau keluhan tentang program BPKB online melalui petugas penerima pengaduan. Selanjutnya, petugas akan mengentrykan ada E-complain. Dengan adanya fitur ini, maka pejabat yang berwenang dapat menindaklanjuti complain anda.

  • P E-id ranmor (cek data BPKB secara online)

Data yang tersaji pada BPKB online dapat anda akses melalui smartphone. Caranyapun cukup mudah, anda hanya perlu meregistrasi smartphone yang akan digunakan sebagai media penyajian data secara terbatas. Setelah itu, anda masuk ke layanan E-id ranmor. Ketentuan yang mengharuskan registrasi terlebih dahulu bertujuan agar penggunaannya tidak disalahgunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *