Perang Ukraina: ‘evakuasi’ Kherson; Putin ‘menunggu Jenderal Winter

Perang Ukraina: 'evakuasi' Kherson; Putin 'menunggu Jenderal Winter

Perang Ukraina Vladimir Putin pada hari Jumat secara terbuka sbobet mendukung evakuasi warga sipil dari bagian-bagian wilayah Kherson selatan Ukraina sebagai pengakuan pertamanya atas situasi yang memburuk di wilayah yang ia klaim telah dicaplok. “Mereka yang tinggal di Kherson harus dikeluarkan dari zona tindakan paling berbahaya, karena penduduk sipil tidak boleh menderita,” kata Putin kepada aktivis pro-Kremlin saat ia menandai Hari Persatuan Nasional Rusia.

Moskow telah mengangkut orang keluar dari daerah yang dikuasainya di Kherson di tepi barat Sungai Dinpro, dan minggu ini mengumumkan bahwa zona evakuasi juga akan mencakup daerah penyangga 15 kilometer di tepi timur.

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan pada hari Jumat bahwa lebih dari 5.000 warga sipil telah meninggalkan rumah mereka setiap hari sejak evakuasi dilanjutkan di wilayah Kherson pada hari Selasa. Moskow mengatakan telah membawa warga ke tempat yang aman dari jalur kemajuan Ukraina, mengutip ancaman peningkatan penembakan.

Perang Ukraina: 'evakuasi' Kherson; Putin 'menunggu Jenderal Winter

Kyiv mengatakan langkah-langkah itu termasuk “pemindahan massal paksa” ribuan warga sipil keluar dari wilayah yang diduduki Rusia dan merupakan kejahatan perang, yang dibantah Moskow.

“Pemerintahan pendudukan Rusia telah memulai pemindahan paksa massal penduduk” di wilayah Kherson, Kementerian Luar Negeri Ukraina mengatakan pada Jumat malam, mengklaim bahwa “pemindahan serupa juga sedang dilakukan oleh Rusia di wilayah Zaporizhzhia, Lugansk dan Donetsk, serta seperti di Krimea.

Otoritas pendudukan Rusia juga meyakinkan pada hari Jumat bahwa tidak ada jam malam yang akan diberlakukan di Kherson, beberapa menit setelah mengumumkannya.

Tanda-tanda telah muncul bahwa Rusia dapat bersiap untuk meninggalkan pijakan militernya di tepi barat Sungai Dnipro, termasuk ibu kota regional Kherson yang berpotensi menjadi salah satu tempat mundur terbesar Rusia dalam perang.

Pemerintah Kyiv dan sekutu Baratnya tetap berhati-hati, menunjukkan bahwa Rusia dapat membuat jebakan untuk memajukan pasukan Ukraina. Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengatakan pada hari Kamis bahwa Kyiv “mampu” merebut kembali Kherson.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post